Kamis, 27 April 2017

Pengertian komunikasi adalah suatu proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan melalui suatu saluran/media untuk mencapai tujuan/hasil.
 Komponen komunikasi terdiri dari :
1.          Messenger               4. Media
2.         Komunikan                5. Umpan balik
3.         Berita




2.     Proses Komunikasi
a.    Bagan Proses Komunikasi
Kurir
Pesan
Media
Komunikan
Umpan balik / feed back
       
b.    Penjelasan Proses Komunikasi
  Pihak Komunikator
Proses komunikasi diawali dari pihak komunikator. Komunikator memilih ide/gagasan yang kemudian dirumuskan dengan hati-hati dan dengan bahasa yang mudah dimengerti. Ide/gagasan yang telah dirumuskan tersebut dinamakan pesan/berita. Setelah pesan sudah siap komunikator memilih media yang sesuai dengan pesan tersebut sehingga komunikasi bias efektif. Langkah selanjutnya komunikator menjalankan tugasnya yaitu menyampaikan pesan kepada komunikan.

 


Pihak Komunikan

Setelah proses penyampaian pesan dari komunikator, maka dilanjutkan dengan proses penerimaan pesan oleh dari komunikan, prosesnya komunikan menerima pesan/berita dari komunikator dengan jelas, tegap, dan hati-hati, sehingga seluruh pesan dapat diterima dengan lengkap dan komunikan wajib memberikan balikan/respon kepada komunikator.
Respon/Tanggapan
Respon adalah umpan balik/tanggapan dari komunikan kepada komunikator. Ada beberapa jenis umpan balik yaitu :
1.      Umpan Balik/tanggapan kosong (zero feed back)
Yaitu umpan balik/tanggapan yang diberikan oleh komunikan kepada komunikator, tetapi isi dari umpan balik/tanggapan tersebut tidak dapat dimengerti olek komunikator. Umpan balik/tanggapan semacam ini dapat terjadi karena ada penggunaan istilah bahasa yang tidak sepaham.

2.     Umpan Balik/tanggapan positif (positive feed back)
Yaitu umpan balik/tanggapan yang diberikan oleh komunikan kepada komunikator dan isi baliknya/tanggapan dapat dimengerti oleh komunikator.
3.      Umpan Balik/tanggapn negatif (negative feed back)
Yaitu umpan balik/tanggapan yang diberikan olek komunikan kepada komunikator, tetapi isi dari balikan/tanggapan tersebut sifatnya merugikan/memojokkan komunikator.

4.     Umpan Balik/tanggapan netral
Yaitu umpan balik/tanggapan yang diberikan oleh komunikan kepada komunikator dan isi dari balikan/tanggapan tersebut sifatnya netral dalam arti tidak mendukung juga tidak menentang.
Pada prinsipnya berhasil atau gagalnya suatu komunikasi ditentukan oleh faktor-faktor sebagai berikut :
a.   Faktor pendukung keberhasilan komunikasi
1.     Kepandaian komunikator dan komunikan
2.     Sikap yang baik dari komunikator dan komunikan
3.     Keadaan lahiriah/fisik yang baik dari komunikator dan komunikan
4.     Kesamaan system social (ekonomi-budaya) dari komunikator dan komunikan.


b.   Faktor penghambat komunikasi
1.     Komunikator dan komunikan tidak memiliki pengetahuan yang luas.
2.     Bahasa yang dipergunakan kurang jelas.
3.     Adanya prasangka yang tidak beralasan.
4.     Adanya panca indera yang rusak.
5.     Adanya alat komunikasi yang rusak.
6. Sikap yang kurang bijaksana.
7.     Komunikasi satu arah (tidak ada tanggapan).



3.    Media Komunikasi
a.    Pengertian Media Komunikasi
Media komunikasi terdiri dari dua kata yang setiap kata mempunyai arti sendiri-sendiri.Media berarti alat Bantu untuk mencapai tujuan. Sedangkan komunikasi berarti suatu kegiatan untuk menyampaikan pesan atau berita. Bila kedua kata tersebut kita rangkaikan maka secara umum media komunikasi dapat diartikan sebagai “suatu alat yang dipergunakan untuk mempermudah dalam penyampaian informasi atau ide-ide dari seseorang kepada orang lain agar maksud dan tujuan dapat tercapai dengan baik

b.    Fungsi Media Komunikasi
Secara umum untuk media komunikasi mempunyai fungsi sebagai berikut :
1.      Untuk memperjelas informasi yang disampaikan.
2.      Untuk mempermudah penyampaian informasi.
3.      Untuk mempersingkat waktu untuk menyampaikan suatu informasi.
4.      Untuk membangkitkan daya tarik bagi konsumen.

c.     Jenis-Jenis Media Komunikasi
Menurut jenisnya media komunikasi dapat dikelompokkan sebagai berikut :
1.      Media Audio/pendengaran, merupakan meadia komunikasi yang dapat didengar misalnya : Radio, Tape Recorder, Telepon.
Keuntungan menggunakan media audio :
a.   Harganya relatif murah.
b.   Mudah dibuat dan digunakan.
c.   Dapat membangkitkan fantasi pendengaran.
Kelemahannya :
a.   Apabila anda salah/kesalahan harus membuat naskah baru.
b.   Tidak dapat untuk memperkenalkan hal yang sifatnya ketrampilan.

2.      Media Visual/gambar,yaitu media yang dapat dilihat dengan mata.
Misalnya : Surat, Transparansi, Gambar dan lain-lain.
Keuntungannya :
a.        Informasi yang disampaikan jelas.
b.        Pembuatan dan penggunaanya mudah.
c.         Biaya pembuatan murah.

Kelemahannya :
a.        Dapat menimbulkan rasa bosan.
b.        Diperlukan waktu yang cukup lama untuk memahami gambar.

3. Media Audio Visual
Yaitu suatu media yang dapat dilihat dan didengar.
Misalnya : Televisi, Film bersuara, Pertemuan, Wawancara dan sebagainya.
Keuntungannya :
a.        Informasi yang diterima sesuai dengan kenyataan.
b.        Mudah cara penyampaiannya.
Kelemahannya :
a.        Memerlukan biaya yang mahal.
b.         Membutuhkan persiapan yang lama.




2 komentar:

SURAT PESANAN BARANG

Apa itu Surat Pemesanan Barang? Surat pemesanan barang merupakan sebuah surat yang berasal dari perorangan ataupun instansi yang diguna...